Wamendik: Wapres Sangat Perhatian dengan Kurikulum 2013

Jakarta, Kemdikbud --- Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan (Wamendik), Musliar Kasim, membuka acara Rapat Koordinasi Pendataan Kebutuhan serta Pemesanan dan Pembelian Buku Kurikulum 2013. Musliar mengatakan, pada fase pertama, Kurikulum 2013 sudah dilalui pada tahun 2013. Kemdikbud melakukan monitoring bagaimana pelaksanaan kurikulum pada tahun 2013 dan hasilnya cukup baik, walaupun agak kejar tayang pada saat itu.

Pemesanan buku pada tahun lalu, kata Musliar, diakuinya, sedikit sulit dalam hal pembuatan buku, karena model buku yang dibuat sangat berbeda dengan buku yang sudah ada, terutama buku tematik terpadu SD dan SMP. Terdapat masukan-masukan untuk perbaikan, dan itu dilakukan untuk melakukam perbaikan-perbaikan sehingga tidak ada lagi kesalahan didalam buku kurikulum 2013.  



Musliar mengungkapkan, walaupun anggaran sudah disiapkan, kita juga mendapatkan dukungan moral dari beberapa provinsi dan kabupaten/kota yang mendanakan secara mandiri baik untuk pelatihan guru maupun pengadaan buku. Sehingga implementasi kurikulum 2013 pada tahun lalu dapat berjalan dengan baik.  



Pada fase kedua ini, Musliar mengharapkan dapat berkolaborasi bersama untuk menyukseskan pelaksanaan kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2013/2014. Ia mengatakan, Wakil Presiden Boediono memberikan perhatian khusus terhadap implementasi Kurikulum 2013.

"Selama saya menjadi pejabat, belum ada program di suatu kementerian yang betul-betul mendapatkan perhatian dari Wakil Presiden (Wapres) Boediono. Kurikulum 2013 ini program yang harus kami laporkan setiap bulan kepada Wapres, bahkah dua minggu yang lalu kami juga laporkan kepada Wapres. Karena Wapres sangat setuju dan memperhatikan sekali kurikulum 2013," jelas Musliar.  

Musliar berharap kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik. Kurikulum 2013 diharapkan dapat meningkatkan kreativitas anak didik di masa yang akan datang. "Kami mohon kepada dinas pendidikan untuk dapat berkoordinasi minimal 3 aspek, pertama pelatihan, kedua pengadaan buku, dan ketiga pendampingan," harapnya.

Rapat Koordinasi Pendataan Kebutuhan serta Pemesanan dan Pembelian Buku Kurikulum 2013 diikuti kepala dinas pendidikan dari berbagai daerah dan pihak penyedia buku Kurikulum 2013. Rapat bertempat di Hotel Mega Anggrek, Jakarta, dan berlangsung pada 1-3 Juni 2014

No comments:

Post a Comment