Elang Bondol Berbaju Si Pitung Jadi Maskot O2SN 2014

DKI Jakarta sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2014 memilih burung Elang Bondol yang memakai baju Si Pitung sebagai maskot penyelenggaraan 02SN. Elang Bondol merupakan jenis burung yang hidup di wilayah DKI Jakarta dan termasuk hewan langka. Sedangkan Si Pitung merupakan sosok pahlawan asli DKI Jakarta yang membela rakyat lemah dengan menerapkan kegigihan dan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Bambang Sugiyono, mengatakan dengan memilih karakter Si


Pitung dalam maskot O2SN 2014, diharapkan O2SN dapat membentuk para siswa Indonesia untuk memiliki potensi, sikap, karakter, dan akhlak yang baik seperti Si Pitung. “Sehingga dapat menjadikan generasi yang jujur, kreatif, inovatif, dan produktif,” ujarnya saat membacakan sambutan dari Plt. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, pada acara pembukaan O2SN, di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/06/2014).

Sedangkan Elang Bondol emiliki penampilan yang menarik dan mempunyai kemampuan terbang yang prima serta mempunyai ketajaman mata dalam mencari mangsa. Perilaku ini dapat dijadikan simbol yang selalu dinamis, tangkas, dan cepat dalam bertindak. Selain itu bentuk dan warna tubuh Elang Bondol juga sangat atletis.

O2SN juga diharapkan dapat mewujudkan perubahan paradigma berpikir dan tumbuhnya budaya kompetisi, sikap baik dan memiliki semangat bersaing sehat, serta menjunjung tinggi sportivitas dan kejujuran untuk meraih prestasi. Sehingga dapat membangun Indonesia yang lebih baik.

Pada akhir acara pembukaan O2SN, para peserta dan juri O2SN mengucapkan janji. Peserta O2SN berjanji akan bertanding dengan sportivitas yang tinggi, berjiwa kesatria, dan menjunjung tinggi kebesaran olah raga. Selain itu mereka juga berjanji akan mematuhi segala peraturan yang telah dan akan diterapkan oleh wasit atau juri.

Pembacaan janji kedua adalah janji wasit. Para wasit berjanji akan memimpin pertandingan dengan penuh rasa tanggung jawab dan menjunjung tinggi sportivitas, serta akan memimpin pertandingan dengan adil, dan tidak akan memihak kepada siapapun demi peningkatan prestasi.

No comments:

Post a Comment