Mendikbud Buka FLS2N 2014 di Semarang

Semarang, Kemdikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh membuka Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2014 di Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/6). Di hadapan lebih dari 2.800 siswa peserta kompetisi nasional di bidang seni dan sastra itu, Mendikbud meyakinkan bahwa seluruh peserta adalah sang juara, yang akan membawa Indonesia mendatang menjadi lebih indah.

“ Anda semua adalah juara. Kalau seandainya nanti tidak mendapatkan juara saat ini, pada dasarnya (itu) hanya karena keterbatasan jumlah pemenang itu sendiri. Semuanya juara. Oleh karena itu, kita berikan applause kepada sang juara,” ujar Mendikbud yang disambut tepuk tangan semangat dari para peserta. Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan perkusi oleh Mendikbud bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Achmad Jazidie yang menyampaikan laporannya mengatakan, kegiatan tahunan ini diharapkan akan tertanam rasa cinta dan bangga terhadap seni dan budaya bangsa. Pada akhirnya, hal ini bermuara pada tertanamnya nilai-nilai karakter bangsa pada diri siswa. “Ini semua adalah bagian dan upaya sengaja kita semua, khususnya Kemdikbud untuk mempersiapkan mereka sebagai komponen atau elemen penting dari generasi emas 2045 ketika kita memasuki 100 tahun Indonesia merdeka,” ujar Jazidie.

Para peserta FLS2N 2014 telah melalui seleksi ketat, mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi. Jazidie membayangkan, betapa serunya para peserta ini berlaga di berbagai festival dan lomba. “Sebab pasti mereka akan menunjukkan penampilan terbaiknya,” tambahnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan keyakinannya bahwa melalui kegiatan ini akan muncul penampilan-penampilan terbaik dari para peserta lomba. Melalui kegiatan ini pula, para peserta akan belajar banyak, belajar untuk mengasah otak kiri dan otak kanan secara seimbang.

“Mereka akan juga berkreasi, berinovasi, juga menguji keberanian. Saya yakin betul pasti akan jadi seniman-seniman hebat, ” ucap Ganjar. Ia yakin, kegiatan semacam ini akan membuat kepribadian bangsa semakin tegak dan tidak perlu khawatir terhadap gempuran budaya-budaya asing yang coba merontokkan sendi-sendi kepribadian bangsa. “Saya akan semakin yakin ketokohan kita dalam budaya dan seni akan membuat tegaknya Indonesia berdiri karena anak-anak kita sangat peduli pada seni dan budaya bangsa sendiri,” imbuhnya.

FLS2N 2014 berlangsung hingga Jumat (07/06/2014). Tahun lalu Jawa Barat berhasil merebut kemenangan sebagai juara umum FLS2N. Usai dibuka, Mendikbud menerima maskot burung Kepodang yang merupakan fauna khas provinsi Jawa Tengah dari Ganjar Pranowo

No comments:

Post a Comment