Provinsi NTT Kukuhkan Diri Sebagai Juara Umum O2SN SMA-LB



Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dinobatkan sebagai juara umum Olimpiade Olah raga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SMA Luar Biasa (SMALB). Provinsi NTT mengumpulkan dua emas di cabang olah raga catur dan lari 100 meter, serta satu perunggu dari cabang olah raga tenis meja putri.

Atas kemenangan ini, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Achmad Jazzidie, menyerahkan trofi juara kepada perwakilan Provinsi NTT, Ahmad Sunarto, pada acara penutupan yang berlangsung di Jakarta, Rabu (18/06/2014).

Dalam sambutannya Jazzidie menyampaikan ucapan selamat kepada pemenang dan seluruh peserta yang telah berpartisipasi. Kemenangan yang belum maupun yang telah diraih, kata dia, bukan satu-satunya hal penting.

"Bukan masalah kalah atau menang, tapi dengan penyelenggaraan olimpiade olah raga ini kita ingin ingin menumbuhkan rasa percaya diri sportivitas dan disiplin," katanya.

O2SN SMALB diikuti oleh 360 peserta dari cabang olah raga lari 100 meter putra dan putri, lompat jauh putra, catur, tenis meja putra dan putri, serta bulutangkis.

Jazzidie mengatakan, olah raga merupakan salah satu fenomena mendunia dan tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan olah raga ini, kata dia, dapat dilakukan pembinaan karakter sehingga olah raga bisa dijadikan sarana strategis untuk mengembangkan rasa sportivitas di antara para siswa, terutama bagi yang berkebutuhan khusus.

O2SN merupakan ajang beradu bakat untuk siswa di bidang olah raga yang bertujuan untuk mengembangkan, bakat, minat dan prestasi. Melalui pembinaan olah raga yang sistematis, terangnya, dapat meningkatkan pengendalian diri, rasa saling menghargai, disipilin, sportivitas yang pada akhirnya nanti dapat membangkitkan kebanggaan bahkan secara nasional.

Para pemenang dalam O2SN akan menerima penghargaan berupa sertifikat dan uang tunai. Bagi peserta yang belum menang juga akan mendapat sertifikat keikutsertaan. Adapun nominal uang yang diberikan bagi juara adalah sebagai berikut, Rp9 juta (juara 1), Rp8 juta (juara 2), Rp7 juta (juara 3), Rp5 juta (harapan 1), Rp4 juta (harapan 2), dan Rp3 juta (harapan 3).

Selamat bagi para pemenang

No comments:

Post a Comment