Seragam Sekolah Hilangkan Perbedaan

Keberadaan seragam di sekolah-sekolah seluruh tanah air menjadi salah satu tanda kebersamaan di antara para siswa. Dengan adanya seragam, siswa tidak saling menunjukkan status ekonomi maupun kelas sosialnya. Dengan seragam ini pula, siswa diajak untuk menuju kepantasan etika dan estetika, bukan mode.


“Pada dasarnya seragam itu baik. Dengan seragam, ada standar yang menghilangkan perbedaan di antara para siswa, tidak ada kelas-kelas sosial,” demikian disampaikan Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibnu Hamad, dalam gelar wicara dengan radio RRI Pro 3, di kantor Kemdikbud, Senin (23/06/2014).

Seperti diketahui, seragam nasional setiap jenjang pendidikan memiliki ciri warna masing-masing. Untuk SD putih merah, SMP putih biru, dan SMA putih abu-abu. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 45 tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Bagi Peserta Didik pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, ada penambahan badge merah putih di atas saku kiri di masing-masing seragam siswa.

“Apalagi diatur semangat nasionalisme dengan ditambah lambang merah putih. Dengan lambang merah putih siswa menjadi sadar bahwa dia warga negara yang semangatnya merah putih, sehingga ada ikatan persaudaraan selaku warga negara,” katanya.

Ibnu mengatakan, seragam nasional yang tertuang dalam Permendikbud tersebut tidak menutup kemungkinan adanya seragam lain yang dikenakan siswa berdasarkan peraturan sekolah. Seperti disampaikan oleh Kepala SMAN 70 Jakarta, Endang Hidayat, yang turut hadir dalam gelar wicara tersebut, SMAN 70 memiliki tiga seragam lain di luar seragam nasional.

“Di SMAN 70 hari Senin dan Selasa seragam nasional putih abu-abu, Rabu seragam pramuka, Kamis batik, Jumat pakaian adat Betawi sesuai dengan peraturan Pemda DKI,” terangnya.

Endang mengatakan, banyak permasalahan di sekolah yang bisa diselesaikan dengan peraturan. Salah satunya seragam ini. Dengan seragam, sekolah bisa menegakkan peraturan. Ada tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa. “Misalnya, rok jangan terlalu pendek atau baju jangan terlalu sempit

No comments:

Post a Comment