Kali ini kami informasikan kepada Anda semua, khususnya bagi pendidik, mengenai perangkat pembelajaran Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah) yang meliputi :
Silabus Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
RPP Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Promes Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Prota Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
SKL Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
KKM Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Pemetaan KD Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah) Untuk mendapatkan data data tersebut dapat dilihat atau di download di sini ,
Berikut contoh RPP Fiqih :
Silabus Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
RPP Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Promes Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Prota Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
SKL Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
KKM Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Pemetaan KD Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah) Untuk mendapatkan data data tersebut dapat dilihat atau di download di sini ,
Berikut contoh RPP Fiqih :
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
MATA PELAJARAN FIQIH
MADRASAH
IBTIDAIYAH
KELAS I SEMESTER
1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah
: Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran
: Fiqih
Kelas/Semester :
I / 1
Alokasi
Waktu
: 1 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi
1. Mengenal lima rukun Islam
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menyebutkan lima rukun Islam
C.
Tujuan Pembelajaran :
§
Melafalkan lima rukun Islam
§
Bernyanyi lagu rukun Islam, dapat diubah dari lagu
anak-anak balonku ada 5 dengan menyebutkan ke lima rukun Islam.
§
Bermain kartu rukun Islam dari asturo dapat diurutkan (1
) syahadatain, (2) sholat, (3) zakat,
(4) puasa dan (5) haji
D.
Materi Pembelajaran
§
Rukun Islam
E.
Metode Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian rukun
Islam
§
Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran
siswa bahwa betapa pentingnya rukun Islam.
§
Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku
teks Fiqih tentang pengertian rukun Islam.
§
Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing
dalam buku catatan tentang pengertian rukun Islam
§
Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk
mengemukakan hasil temuan tentang pengertian rukun Islam
§
Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian rukun
Islam.
§
Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan,
film atau sinteron dengan tema rukun Islam
§
Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang rukun
Islam.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan
menyimpulkan materi tentang rukun Islam
§
Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang
materi pengertian rukun Islam
§
Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan
masing-masing
G.
Alat/Sumber Belajar
§
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Siswa
dapat menyebutkan isi rukun Islam
§ Siswa
dapat menghafal isi dari rukun Islam secara urut
§ Siswa
dapat menentukan urutan rukun Islam
§
Siswa dapat menjelaskan manfaat mempelajari lima rukun
Islam
|
Tes Tulis
Tulis Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§ Isi rukun Islam adalah ....
§ Urutan rukun
Islam yaitu ....
§
Jelaskan manfaat mempelajari lima rukun Islam !
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah
: Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran
: Fiqih
Kelas/Semester :
I / 1
Alokasi
Waktu
: 1 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi
1. Mengenal lima rukun Islam
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menghafal syahadatain dan
artinya
C.
Tujuan Pembelajaran :
§
Melafalkan syahadatain dan artinya
§
Mencermati penjelasan guru tentang cara melafalkan
syahadatain
§
Bernyanyi (bercerita atau bermain) yang isinya
mencerminkan bahwa Allah itu hanya satu
D.
Materi Pembelajaran
§
Syahadatain dan artinya
E.
Metode Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian rukun
Islam
§
Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran
siswa bahwa betapa pentingnya rukun Islam.
§
Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku
teks Fiqih tentang pengertian rukun Islam.
§
Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing
dalam buku catatan tentang pengertian rukun Islam
§
Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk
mengemukakan hasil temuan tentang pengertian rukun Islam
§
Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian rukun
Islam.
§
Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan,
film atau sinteron dengan tema rukun Islam
§
Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang rukun
Islam.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan
menyimpulkan materi tentang rukun Islam
§
Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang
materi pengertian rukun Islam
§
Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan
masing-masing
G.
Alat/Sumber Belajar
§
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Melafalkan
syahadatain
§ Melafalkan
syahadatain beserta artinya
§ Menjelaskan
manfaat mengucapkan syahadatain
§ Menghafalkan
syahadatain dan artinya
|
Tes Lisan
Tes Lisan
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§ Lafalkan
syahadatain adalah ....
§ Syahadatain
artinya adalah ....
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah
: Madrasah Ibtidaiyah
Mata
Pelajaran
: Fiqih
Kelas/Semester :
I / 1
Alokasi
Waktu
: 1 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi
2. Mengenal tata cara bersuci
dari najis
B.
Kompetensi Dasar
2.1 Menjelaskan pengertian bersuci
dari najis
C.
Tujuan Pembelajaran :
§
Mendengarkan penjelasan guru tentang arti bersuci
§
Tanya jawab tentang manfa’at bersuci
D.
Materi Pembelajaran
§
Arti bersuci
§
Membedakan suci dan najis
E.
Metode Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian bersuci
§
Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran
siswa bahwa betapa pentingnya bersuci.
§
Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku
teks Fiqih tentang pengertian bersuci.
§
Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam
buku catatan tentang pengertian bersuci
§
Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk
mengemukakan hasil temuan tentang pengertian bersuci
§
Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian bersuci.
§
Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan,
film atau sinteron dengan tema bersuci
§
Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang bersuci.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan
menyimpulkan materi tentang bersuci
§
Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang
materi pengertian bersuci
§
Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan
masing-masing
G.
Alat/Sumber Belajar
§
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Siswa
dapat menjelaskan arti bersuci
§ Siswa
dapat menyebutkan dasar hukum bersuci dari najis
§ Siswa
dapat menyebutkan macam macam najis
§ Siswa
dapat menjelaskan manfaat-manfaat bersuci
|
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
§ Arti
bersuci adalah ....
§ Apa dasar
hukum bersuci dari najis?
§ Sebutkan
macam macam najis!
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah
: Madrasah Ibtidaiyah
Mata
Pelajaran
: Fiqih
Kelas/Semester :
I / 1
Alokasi
Waktu
: 1 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi
2. Mengenal tata cara bersuci
dari najis
B.
Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan tata cara bersuci
dari najis
C.
Tujuan Pembelajaran :
§
Mendengarkan tentang cara bersuci dan menghindari najis
§
Mengamati gambar dan mengetahui cara memelihara
kebersihan badan dan lingkungan sekitar
D.
Materi Pembelajaran
§
Cara bersuci dan menghindari najis
§
Memelihara kebersihan badan dan lingkungan
§
Perbedaan antara suci dan najis
E.
Metode Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian bersuci
§
Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran
siswa bahwa betapa pentingnya bersuci.
§
Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku
teks Fiqih tentang pengertian bersuci.
§
Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing
dalam buku catatan tentang pengertian bersuci
§
Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk
mengemukakan hasil temuan tentang pengertian bersuci
§
Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian bersuci.
§
Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan,
film atau sinteron dengan tema bersuci
§
Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang bersuci.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan
menyimpulkan materi tentang bersuci
§
Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang
materi pengertian bersuci
§
Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan
masing-masing
G.
Alat/Sumber Belajar
§
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Siswa
dapat menjelaskan cara bersuci
§ Siswa dapat
membedakan antara suci dan najis
§ Siswa
dapat menjelaskan cara menghindari najis
§ Siswa
dapat menjelaskan cara membersihkan najis
§ Siswa
dapat menyebutkan cara memelihara kebersihan badan dan lingkungan
|
Tes Tulis
(porto folio)
|
Uraian
|
§ Jelaskan
cara bersuci!
§ Apa beda
antara suci dan najis?
§ Sebutkan
macam macam najis!
§ Bagaimanakah
cara membersihkan najis?
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang studi
Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah
: Madrasah Ibtidaiyah
Mata
Pelajaran
: Fiqih
Kelas/Semester :
I / 1
Alokasi Waktu
: 1 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi
2. Mengenal tata cara bersuci
dari najis
B.
Kompetensi Dasar
2.3 Menirukan tata cara mensucikan
najis
C.
Tujuan Pembelajaran :
§
Mengamati tayangan dari VCD
tentang tatacara buang air dan cara beristinja’.
§
Melafalkan do’ a sebelum dan sesudah buang air.
§
Menemukan manfaat-manfaat istinja’
D.
Materi Pembelajaran
§
Bersuci ketika buang air.
§
Melafalkan do’ a
ketika akan buang air.
§
Cara beristinjak
E.
Metode Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian bersuci
§
Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran
siswa bahwa betapa pentingnya bersuci.
§
Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku
teks Fiqih tentang pengertian bersuci.
§
Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing
dalam buku catatan tentang pengertian bersuci
§
Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk
mengemukakan hasil temuan tentang pengertian bersuci
§
Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian bersuci.
§
Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan,
film atau sinteron dengan tema bersuci
§
Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang bersuci.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan
menyimpulkan materi tentang bersuci
§
Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang
materi pengertian bersuci
§
Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan
masing-masing
G.
Alat/Sumber Belajar
§
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Menyebutkan
tata cara buang air kecil dan air besar
§ Menyebutkan
cara beristinja’ setelah buang air kecil dan besar.
§ Melafalkan
do’a se-belum dan sesudah buang air
§ mengartikan
do’a se-belum dan sesudah buang air
§ menyebutkan
manfa-at-manfaat beristinja’
|
Unjuk kerja
|
Uraian
|
§ Sebutkan
tata cara buang air kecil dan air besar!
§ Sebutkan
manfa-at-manfaat beristinja’!
§ Bagaimana
do’a se-belum dan sesudah buang air?
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah
: Madrasah Ibtidaiyah
Mata
Pelajaran
: Fiqih
Kelas/Semester :
I / 1
Alokasi Waktu
: 1 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi
2. Mengenal tata cara bersuci
dari najis
B.
Kompetensi Dasar
2.4 Membiasakan hidup bersih dalam
kehidupan sehari-hari
C.
Tujuan Pembelajaran :
§ Menerapkan
kebiasaan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari.
§
Memperagakan cara
hidup bersih.
D.
Materi Pembelajaran
§
Terbiasa hidup sehat
§
Praktek hidup bersih
E.
Metode Pembelajaran
§
Ceramah
§
Tanya jawab
§
Penugasan
F.
Langkah-Langkah Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
§
Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§
Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian bersuci
§
Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran
siswa bahwa betapa pentingnya bersuci.
§
Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.
- Kegiatan Inti
§
Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku
teks Fiqih tentang pengertian bersuci.
§
Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing
dalam buku catatan tentang pengertian bersuci
§
Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk
mengemukakan hasil temuan tentang pengertian bersuci
§
Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian bersuci.
§
Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan,
film atau sinteron dengan tema bersuci
§
Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang bersuci.
- Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan
menyimpulkan materi tentang bersuci
§
Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang
materi pengertian bersuci
§
Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan
masing-masing
G.
Alat/Sumber Belajar
§
Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber
belajar lain
H.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Menyebutkan
penger-tian hidup bersih
§ Memperagakan
hi-dup bersih dalam ke-hidupan sehari-hari, misalnya: potong ku-ku, membersihkan
jendela dll
§ menjelaskan
manfaat-manfaat hidup bersih
§ Menunjukkan
sikap hidup bersih
|
Tes praktek
|
Uraian
|
§ Sebutkan
penger-tian hidup bersih!
§ Apa manfaat-manfaat
hidup bersih?
|
Mengetahui
Kepala Madrasah
...........................................
NIP.
|
..............
, ...............................
Guru bidang
studi Fiqih
..........................................
NIP.
|
No comments:
Post a Comment