Perangkat Pembelajaran Fiqih (Silabus, RPP, Promes, Prota, KKM, SKL, Pemetaan KD)

Kali ini kami informasikan kepada Anda semua, khususnya bagi pendidik, mengenai perangkat pembelajaran Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah) yang meliputi :
Silabus Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
RPP Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Promes Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Prota Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
SKL Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
KKM Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Pemetaan KD Fiqih MI (Madrasah Ibtidaiyah) Untuk mendapatkan data data tersebut dapat dilihat atau di download  di sini  ,
Berikut contoh RPP Fiqih :




 







                                                                                                                     morac
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

MATA PELAJARAN FIQIH
MADRASAH IBTIDAIYAH
KELAS I SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )

Sekolah                          : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Fiqih
Kelas/Semester             : I / 1
Alokasi Waktu               : 1 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi
1.      Mengenal lima rukun Islam

B.   Kompetensi Dasar
1.1    Menyebutkan lima rukun Islam

C.   Tujuan Pembelajaran :
§  Melafalkan lima rukun Islam
§  Bernyanyi lagu rukun Islam, dapat diubah dari lagu anak-anak balonku ada 5 dengan menyebutkan ke lima rukun Islam.
§  Bermain kartu rukun Islam dari asturo dapat diurutkan (1 ) syahadatain, (2) sholat, (3)  zakat, (4) puasa dan (5) haji

D.   Materi Pembelajaran
§  Rukun Islam

E.   Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya jawab
§  Penugasan

F.    Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
§  Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§  Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian rukun Islam
§  Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya rukun Islam.
§  Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.

  1. Kegiatan Inti
§  Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang pengertian rukun Islam.
§  Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang pengertian rukun Islam
§  Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang pengertian rukun Islam
§  Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian rukun Islam.
§  Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema rukun Islam
§  Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang rukun Islam.

  1. Kegiatan Penutup
§  Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang rukun Islam
§  Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi pengertian rukun Islam
§  Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G.   Alat/Sumber Belajar
§  Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain

H.   Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menyebutkan isi  rukun Islam
§  Siswa dapat menghafal isi dari rukun Islam secara urut
§  Siswa dapat menentukan urutan rukun Islam
§  Siswa dapat menjelaskan manfaat mempelajari lima rukun Islam 
Tes Tulis
Tulis Tulis
Tes Tulis
Uraian
Uraian
Uraian
§  Isi  rukun Islam adalah ....
§  Urutan rukun Islam yaitu ....
§  Jelaskan manfaat mempelajari lima rukun Islam !




Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih




..........................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )

Sekolah                          : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Fiqih
Kelas/Semester             : I / 1
Alokasi Waktu               : 1 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi
1.      Mengenal lima rukun Islam

B.   Kompetensi Dasar
1.2    Menghafal syahadatain dan artinya

C.   Tujuan Pembelajaran :
§  Melafalkan syahadatain dan artinya
§  Mencermati penjelasan guru tentang cara melafalkan syahadatain
§  Bernyanyi (bercerita atau bermain) yang isinya mencerminkan  bahwa Allah itu hanya satu

D.   Materi Pembelajaran
§  Syahadatain dan artinya

E.   Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya jawab
§  Penugasan

F.    Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
§  Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§  Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian rukun Islam
§  Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya rukun Islam.
§  Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.

  1. Kegiatan Inti
§  Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang pengertian rukun Islam.
§  Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang pengertian rukun Islam
§  Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang pengertian rukun Islam
§  Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian rukun Islam.
§  Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema rukun Islam
§  Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang rukun Islam.

  1. Kegiatan Penutup
§  Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang rukun Islam
§  Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi pengertian rukun Islam
§  Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G.   Alat/Sumber Belajar
§  Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain

H.   Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan syahadatain
§  Melafalkan syahadatain beserta artinya
§  Menjelaskan manfaat mengucapkan syahadatain
§  Menghafalkan syahadatain dan artinya
Tes Lisan

Tes Lisan

Uraian
Uraian
Uraian
§  Lafalkan syahadatain adalah ....

§  Syahadatain artinya adalah ....










Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih




..........................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )


Sekolah                          : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Fiqih
Kelas/Semester             : I / 1
Alokasi Waktu               : 1 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi
2.      Mengenal tata cara bersuci dari najis

B.   Kompetensi Dasar
2.1    Menjelaskan pengertian bersuci dari najis

C.   Tujuan Pembelajaran :
§  Mendengarkan penjelasan guru tentang arti bersuci
§  Tanya jawab tentang manfa’at bersuci

D.   Materi Pembelajaran
§  Arti bersuci
§  Membedakan suci dan najis

E.   Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya jawab
§  Penugasan

F.    Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
§  Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§  Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian bersuci
§  Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya bersuci.
§  Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.

  1. Kegiatan Inti
§  Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang pengertian bersuci.
§  Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang pengertian bersuci
§  Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang pengertian bersuci
§  Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian bersuci.
§  Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema bersuci
§  Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang bersuci.

  1. Kegiatan Penutup
§  Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang bersuci
§  Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi pengertian bersuci
§  Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G.   Alat/Sumber Belajar
§  Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain

H.   Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menjelaskan  arti bersuci
§  Siswa dapat menyebutkan dasar hukum bersuci dari najis
§  Siswa dapat menyebutkan macam macam najis
§  Siswa dapat menjelaskan manfaat-manfaat bersuci
Tes Tulis

Tes Tulis

Uraian
Uraian
Uraian
§  Arti bersuci adalah ....
§  Apa dasar hukum bersuci dari najis?
§  Sebutkan macam macam najis!





Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih




..........................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )


Sekolah                          : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Fiqih
Kelas/Semester             : I / 1
Alokasi Waktu               : 1 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi
2.      Mengenal tata cara bersuci dari najis

B.   Kompetensi Dasar
2.2    Menjelaskan tata cara bersuci dari najis

C.   Tujuan Pembelajaran :
§  Mendengarkan tentang cara bersuci dan menghindari najis
§  Mengamati gambar dan mengetahui cara memelihara kebersihan badan dan lingkungan sekitar

D.   Materi Pembelajaran
§  Cara bersuci dan menghindari najis
§  Memelihara kebersihan badan dan lingkungan
§  Perbedaan antara suci dan najis

E.   Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya jawab
§  Penugasan

F.    Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
§  Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§  Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian bersuci
§  Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya bersuci.
§  Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.

  1. Kegiatan Inti
§  Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang pengertian bersuci.
§  Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang pengertian bersuci
§  Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang pengertian bersuci
§  Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian bersuci.
§  Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema bersuci
§  Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang bersuci.

  1. Kegiatan Penutup
§  Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang bersuci
§  Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi pengertian bersuci
§  Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G.   Alat/Sumber Belajar
§  Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain

H.   Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Siswa dapat menjelaskan cara bersuci
§  Siswa dapat membedakan antara suci dan najis
§  Siswa dapat menjelaskan cara menghindari najis
§  Siswa dapat menjelaskan cara membersihkan najis
§  Siswa dapat menyebutkan cara memelihara kebersihan badan dan lingkungan

Tes Tulis
(porto folio)


Uraian

§  Jelaskan cara bersuci!
§  Apa beda antara suci dan najis?
§  Sebutkan macam macam najis!
§  Bagaimanakah cara membersihkan najis?




Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih




..........................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )


Sekolah                          : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Fiqih
Kelas/Semester             : I / 1
Alokasi Waktu               : 1 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi
2.      Mengenal tata cara bersuci dari najis

B.   Kompetensi Dasar
2.3    Menirukan tata cara mensucikan najis

C.   Tujuan Pembelajaran :
§  Mengamati tayangan dari VCD tentang tatacara buang air dan cara beristinja’.
§  Melafalkan do’ a sebelum dan sesudah buang air.
§  Menemukan manfaat-manfaat istinja’

D.   Materi Pembelajaran
§  Bersuci ketika buang air.
§  Melafalkan  do’ a ketika akan buang air.
§  Cara beristinjak

E.   Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya jawab
§  Penugasan

F.    Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
§  Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§  Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian bersuci
§  Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya bersuci.
§  Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.

  1. Kegiatan Inti
§  Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang pengertian bersuci.
§  Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang pengertian bersuci
§  Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang pengertian bersuci
§  Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian bersuci.
§  Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema bersuci
§  Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang bersuci.

  1. Kegiatan Penutup
§  Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang bersuci
§  Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi pengertian bersuci
§  Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G.   Alat/Sumber Belajar
§  Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain

H.   Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan tata cara buang air kecil dan air besar
§  Menyebutkan cara beristinja’ setelah buang air kecil dan besar.
§  Melafalkan do’a se-belum dan sesudah buang air
§  mengartikan do’a se-belum dan sesudah buang air
§  menyebutkan manfa-at-manfaat beristinja’

Unjuk kerja


Uraian

§  Sebutkan tata cara buang air kecil dan air besar!
§  Sebutkan manfa-at-manfaat beristinja’!
§  Bagaimana do’a se-belum dan sesudah buang air?




Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih




..........................................
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( R P P )


Sekolah                          : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran              : Fiqih
Kelas/Semester             : I / 1
Alokasi Waktu               : 1 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi
2.      Mengenal tata cara bersuci dari najis

B.   Kompetensi Dasar
2.4    Membiasakan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari

C.   Tujuan Pembelajaran :
§  Menerapkan kebiasaan hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari.
§  Memperagakan  cara hidup bersih.

D.   Materi Pembelajaran
§  Terbiasa hidup sehat
§  Praktek hidup bersih

E.   Metode Pembelajaran
§  Ceramah
§  Tanya jawab
§  Penugasan

F.    Langkah-Langkah Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
§  Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
§  Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian bersuci
§  Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya bersuci.
§  Meminta siswa menyiapkan buku teks Fiqih.

  1. Kegiatan Inti
§  Eksplorasi: Guru meminta masing-masing siswa membaca buku teks Fiqih tentang pengertian bersuci.
§  Elaborasi: Siswa mencatat hasil temuan masing-masing dalam buku catatan tentang pengertian bersuci
§  Konfirmasi: Guru meminta beberapa siswa untuk mengemukakan hasil temuan tentang pengertian bersuci
§  Elaborasi: Guru melakukan tanya jawab tentang pengertian bersuci.
§  Elaborasi: Guru menggali pengalaman siswa melalu bacaan, film atau sinteron dengan tema bersuci
§  Elaborasi: Meminta siswa untuk membaca dalil tentang bersuci.

  1. Kegiatan Penutup
§  Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi tentang bersuci
§  Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi pengertian bersuci
§  Siswa menyalin kesimpulan dalam buku catatan masing-masing

G.   Alat/Sumber Belajar
§  Buku paket Fikih, artikel, ensiklopedi Islam dan sumber belajar lain

H.   Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Menyebutkan penger-tian hidup bersih
§  Memperagakan hi-dup bersih dalam ke-hidupan sehari-hari, misalnya: potong ku-ku, membersihkan jendela dll
§  menjelaskan manfaat-manfaat hidup bersih
§  Menunjukkan sikap hidup bersih

Tes praktek


Uraian

§  Sebutkan penger-tian hidup bersih!
§  Apa manfaat-manfaat hidup bersih?




Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru bidang studi Fiqih




..........................................
NIP.




No comments:

Post a Comment