Verifikasi Peserta Sertifikasi

Penetapan peserta sertifikasi guru harus dilakukan secara transparan dan berkeadilan sesuai urutan prioritas. Untuk itu BPSDMPK-PMP  telah mengembangkan AP2SG secara online dan terintegrasi dengan database NUPTK. Aplikasi tersebut telah difasilitasi dengan informasi persyaratan peserta dan prioritas perengkingan. Aplikasi bekerja secara otomatis menampilkan guru-guru yang memenuhi syarat. AP2SG menampilkan Seluruh daftar bakal calon sertifikasi tahun 2014-2015.
Data guru yang akan mengikuti sertifikasi guru harus benar dan valid karena data tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk menetapkan soal uji kompetensi, bidang studi sertifikasi, dan data yang akan dicantumkan dalam sertifikasi pendidik. Oleh karena itu, guru harus melakukan verifikasi dan koreksi data yang tercantum pada format verifikasi data.
Berikut  tahap pelaksanaan verifikasi calon peserta sertifikasi guru tahun 2014 :


1.  Tahap verifikasi Data :
  • Verifikasi data peserta UKG 2013 dan belum terdafatar sebagai peserta sertifikasi guru 2013
  • Verifikasi dan penambahan data calon peserta
2.  Persiapan dan pelaksanaan UKG bagi calon baru
3.  Evaluasi calon tidak lulus PLPG 2013
4.  Tahap penetapan Peserta
Bidang studi sertifikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi jenjang SMP dan SMA disediakan dengan bidang studi sertifikasi Guru Berlatar Belakang TIK kode 488.
Bagaimana alur data NUPTK terkini dari SIM database NUPTK ke sistem AP2SG ?

Data NUPTK terkini dikirim ke server AP2SG  Sistem melakukan pembaruhan database AP2SG melalui prosedur berikut:
  • Pembaruan database NUPTK memperbaruhi data referensi dalam prosedu penambahan calon, yaitu database NUPTK di sistem AP2SG.
  • Jika data memenuhi syarat dan NUPTK sudah ada di database AP2SG, di updatekan ke database AP2SG oleh sistem.
  • Jika data memenuhi syarat dan NUPTK belum ada di database AP2SG, ditambahkan ke database AP2SG jika hanya jika NUPTK berasal dari UKG 2013 oleh sistem.
  • Jika data tidak memenuhi syarat dan sebelumnya sudah ada di database ap2sg, data dipindahkan kedalam kategori dihapus oleh sistem.
  • Informasi database NUPTK terkini sisistem AP2SG (data referensi penambahan calon) dapat dilihat menggunakan fasilitas penambahan calon dengan memasukan NUPTK yang ingin dilihat.
  • Pembaruan data hanya memperbaruhi data selain atribut sertifikasi guru, tidak merubah informasi yang sudah dientr ioleh operator.
    Memenuhi syarat adalah memenuhi syarat sebagai calon peserta UKG 2014.
  • Pembaruan data AP2SG dari database NUPTK yang dikirim ke server Ap2SG dilakukan oleh system setiap 10 menit.
  • Penandaan TUK dapat dilakukan sampai tanggal 17 feb 2014 pukul 22:00 wib. Menginga terbatasnya waktu, prioritaskan penandaanTUK  dan dilanjutkan penandaan jadwal. Penandaan jadwal masih dapat dilakukan sesudah tanggal tersebut melalui AP2SG.
  • Bidang studi sertifikasi yang tidak benar dapat di download dengan nama file bidang studi salah.xlsx. Perbaiki bidang studi tersebut melalui AP2SG.
  • Calon peserta UKG online yang tidak memiliki TUK dan atau bidang studi sertifikasi tidak sesuai buku satu tidak dapat mengikuti UKG 2014.

No comments:

Post a Comment