DIDAKTIK DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

Dedaktik berasal dari bahasa yunani “didaskeein” yang berarti pengajaran serta“didaktikos” berarti pandai mengajar. Ada pula yang mengatakan didaktik merupakan bagian dari “pedagogik’ atau ilmu mendidik dan mengajar anak. Dengan demikaian dapat kita simpulkan bahwa didaktik merupakan ilmu mendidik dan mengajar yang berisi tentang prinsip-prinsip serta cara agar penyampaian materi ajar oleh guru dapat diterima oleh peserta didik. Prinsip-prinsip tersebut antara lain: Apersepsi,Peragaan,motivasi,aktifitas,kerjasama,mandiri,penyesuaian anata individu,korelasi dan evaluasi. Dalam penerapannya didaktik masih dipengararuhi oleh ilmu lain yaitu ilmu filsafat,psikologi,sosiologi dan antropologi. Fisafat mempengaruhi dalammenentukan tujuan pendidikan serta hubungan antara pendidik/guru dengan peserta didik/murid. Psikologi memberikan sumbangan pada didaktik dari segi perkembangan anak,bagaimana anak belajar serta bagaimana guru membimbing anak dalam proses pembelajaran. Adapun aliran psikologi yang berpengaruh dalam pendidikan berupa aliran psikologi kognitif. Aliran ini cendrung pada proses berfikir secara realita dan kebenaran. Adapun tokoh-tokoh aliran kognitif yaitu: Peaget,Bruner,Vigotsky dan Vanhiee.Sumbangan sosiologi dan antropplogi berupa pengembangan interaksi antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Azas-azas didaktik yang harus dimiliki oleh seorang guru berupa:
1.              Azas Apersepsi
2.              Azas Peragaan

3.              Azas Motivasi
4.              Azas Belajar Aktif
5.              Azas Kerjasama
6.              Azas Mandiri
7.              Azas Penyesuaian dengan Individu siswa
8.              Azas Korelasi atau hubungan timbal balik
9.              Azas Evaluasi
Demikian didaktik dalam pembelajaran di sekolah yang harus dimiliki oleh setiap guru, untuk lebih jelasnya jangan beranjak dulu penjelasan 9 azas didaktik bisa baca di Azas - Azas Didaktik Dalam Pembelajaran

No comments:

Post a Comment