Rakornas UN Bahas Teknis Pelaksanaan Ujian Nasional

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) selenggarakan rapat koordinasi nasional (Rakornas) dengan dinas pendidikan provinsi, kabupaten/kota, dan perguruan tinggi, hari ini, Senin (24/02/2014) di Jakarta. Rakornas ini membahas teknis pelaksanaan  ujian nasional (UN) yang akan dilaksanakan mulai 14 April mendatang.

Kepala Balitbang Kemdikbud, Furqon, saat membuka rakornas tersebut mengatakan, UN Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah istimewa. Selain karena menjadi UN terakhir pada pemerintahan kabinet bersatu II, pelaksanaan UN tahun ini juga hampir bersamaan dengan pemilihan umum legislatif. "Untuk itu, sesuai arahan Mendikbud, pelaksanaan UN harus cermat dan sesuai agenda," kata Furqon, Senin (24/02/2014) di Jakarta.



Menyikapi arahan Mendikbud, kata Furqon, rakornas ini akan membahas kebijakan-kebijakan yang akan disampaikan BSNP sebagai referensi dasar pelaksanaan UN di provinsi, kabupaten/kota dan satuan pendidikan. Selain itu, juga akan dibahas teknis pengawasan mulai dari percetakan, hingga pelaksanaan UN dan konsekuensi pembiayaan yang akan dialokasikan di masing-masing provinsi dan perguruan tinggi.

Sekretaris Balitbang, Dadang Sudiyarto, dalam acara yang sama mengatakan, agar tidak mengulang keterlambatan yang terjadi pada pelaksanaan UN tahun sebelumnya, rakornas ini diadakan untuk menyamakan persepsi dan koordinasi antar pelaksana UN.

"Dari rakornas ini, semua pihak harus sudah punya ancang-ancang tentang tugasnya, sehingga ikatan kerja sama dan antara kementerian, panitia provinsi, kabupaten/kota, LPMP, dan dinas sudah mulai terjalin," terangnya.

Rakornas yang diikuti oleh 200 peserta ini akan berlangsung hingga 26 Februari 2014. Diharapkan, di akhir rakornas akan diperoleh kesepakatan antar pelaksana UN untuk mewujudkan ujian nasional yang bermutu, bermanfaat, dan bermartabat

No comments:

Post a Comment