Mendikbud: Pendidikan untuk Praktikkan Kreativitas dan Tumbuh Kembangkan Sikap Positif

Bali, Kemdikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, mengatakan, pendidikan bukan hanya untuk pikiran, tetapi juga untuk jiwa dan raga. Pendidikan juga bukan hanya untuk mempelajari ilmu pengetahuan, tetapi juga untuk mempraktikkan keterampilan, kreativitas, dan menumbuhkembangkan sikap positif.

Ia mengemukakan, cara pandang tersebut kemudian terangkul dalam Kurikulum 2013 yang melengkapi peserta didik dengan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. "Pada saat yang sama, hal ini merubah cara berpikir para guru dan metodologi dalam proses mengajar," ujarnya saat memberikan sambutan pembukaan pada Olimpiade Biologi Internasional ke-25 di Bali Nusa Dua Convention Center, Minggu (6/07/2014).



Mendikbud mengatakan, Kurikulum 2013 menitikberatkan pada kebutuhan para siswa untuk menguasai kompetensi yang dibutuhkan pada abad ke-21. Kebutuhan tersebut meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.  Kompetensi sikap, kata dia, dibutuhkan untuk menghasilkan masyarakat yang lebih peduli dan toleran. Sementara kompetensi pengetahuan dan keterampilan merupakan hal yang sangat esensial untuk mengembangkan masyarakat berbasis ilmu pengetahuan.

"Termasuk kebudayaan yang harus diintegrasikan ke dalam pendidikan sehingga para siswa dapat mempelajari nilai-nilai universal mengenai kepedulian dan kepercayaan," kata Mendikbud.

No comments:

Post a Comment