Guru dan Kurikulum Unsur Utama Wujudkan Sekolah Berkualitas Baik



Bagaimana membuat sekolah menjadi baik?  Untuk membuat sekolah memiliki kualitas baik, Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, diperlukan tiga hal, yaitu guru, kurikulum yang bagus,  serta fasilitas atau infrastruktur yang baik.

"Dari ketiga itu yang paling dominan adalah guru dan kurikulum," tutur Mendikbud saat memberikan paparan tentang Kurikulum 2013 dalam acara silaturahmi bersama jajaran dinas pendidikan se-Eks Karesidenan Madiun, di Pendopo Kantor Bupati Probolinggo, Jawa Timur, Senin (07/07/2014).

Mendikbud mengatakan, untuk membuat guru menjadi berkualitas, maka guru harus diajarkan hal-hal  yang akan guru tersebut ajarkan kepada peserta didik. “Diajarkan apa yang akan diajarkan, itu namanya kurikulum,” katanya. Sedangkan dalam kurikulum harus mencakup standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar evaluasi.



Harapan dari pendidikan, ujarnya, adalah memiliki standar kompetensi lulusan peserta didik dengan keutuhan standar kompetensi. Kompetensi tersebut terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan, keterampilan yang menjadi satu kesatuan.

"Kita ingin anak-anak kita bukan sekedar memiliki sikap yang bagus, tetapi pengetahuan dan keterampilannya juga menjadi satu kesatuan, dan ini menjadi esensi dari Kurikulum 2013," ujar Mendikbud.

Objek yang dipelajari dalam kurikulum 2013 adalah fenomena alam, sosial, serta seni dan budaya. "Oleh karena itu kami berikan penghargaan dan terima kasih kepada pemerintah daerah yang menghidupkan seni dan budaya," kata mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November itu.

Mendikbud mengatakan dalam kurikulum 2013 juga menggabungkan etika, logika, dan estetika menjadi satu kesatuan utuh. Sehingga yang membedakan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya adalah dalam proses pembelajaran. Peserta didik diajarkan dan dibiasakan untuk observasi, bertanya, bernalar, bereksperimen, dan berkomunikasi.

"Dalam kurikulum 2013, kita ingin mengajarkan kepada anak-anak kita sejak kecil kalau kita semua adalah bersaudara dalam keberagaman. Saya berharap Kurikulum 2013 ini dapat dipersiapkan dan dilaksanakan dengan baik, " ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Mendikbud juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh kepala dinas yang ada di Eks Karesidenan Madiun atas segala dedikasi, komitmen, usaha mereka, sehingga pendidikan yang ada di wilayah tersebut bertambah baik.

No comments:

Post a Comment