KINERJA PENGAWAS SEKOLAH YANG MENUNJANG UJI KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH

Apa saja yang harus diawasi dan bagaimana caranya ?

Temukan disini, artikel dan pengalaman dari rekan yang seprofesi dengan anda yang akan membantu anda untuk meningkatkan kemampuan anda.


Guru wajib memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Tugas pokok guru adalah merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik

Dalam pelaksanaan tugas itu, guru perlu dibimbing dan dilatih oleh supervisor/pengawas sekolah melalui kegiatan supervisi akademik dan pelatihan profesional guru. Namun demikian pengawas sekolah (PS) harus terlebih dulu memiliki keterampilan yang bisa diwujudkan melalui pelatihan.

Melalui pelatihan itu, PS diharapkan terampil dalam dalam sejumlah hal, antara lain:

Membuat rencana kepengawasan akademik (RKA) khususnya untuk melatih/membimbing guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif termasuk penelitian tindakan kelas (PTK).
Mempraktekkan pelatihan/pembimbingan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif termasuk PTK untuk perbaikan pembelajaran.
Menyusun laporan hasil kegiatan pelatihan/pembimbingan guru dalam proses pembelajaran dan penelitian tindakan kelas berbasis model-model pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan peserta didik berpikir kreatif, inovatif, mampu memecahkan masalah, berpikir kritis dan berjiwa wirausaha.

No comments:

Post a Comment